Cara Agar Bisnis Modal Kecil Bisa Meraih Untung Besar

Cara Agar Bisnis Modal Kecil Bisa Meraih Untung Besar

Cara Curang – Buat kalian yang mau buka bisnis ini dia Cara Agar Bisnis Modal Kecil Bisa Meraih Untung Besar. Memiliki bisnis sendiri mungkin menjadi impian banyak orang yang bercita-cita meraih kebebasan finansial. Tapi, apakah mungkin bisnis bermodal kecil memiliki peluang meraup untung besar?

Cara Agar Bisnis Modal Kecil Bisa Meraih Untung Besar

Ada anggapan kalau ingin memiliki uang yang banyak, jadilah pengusaha. Kenapa demikian? Karena orang-orang terkaya yang ada di dunia ini, termasuk Indonesia kebanyakan adalah pengusaha. Jadi, wajar-wajar saja bila kamu berkeinginan memiliki usaha sendiri supaya berpeluang meraih kondisi finansial sesuai keinginan.

Tapi, tentu saja jalan untuk mewujudkan kemakmuran dengan menjajaki peluang sebagai wirausaha membutuhkan kerja keras dan perjuangan yang tidak sebentar. Bila kamu membaca kisah-kisah sukses para pengusaha kenamaan di negeri kita, hampir semua mengalami fase perjuangan yang luar biasa berat. Ada yang sampai bangkrut karena ditipu rekan bisnis, ada yang rugi dan gulung tikar karena kondisi pasar berbalik tidak sesuai perkiraan, dan lain sebagainya.

Satu lagi, tidak sedikit para pengusaha sukses yang berhasil membangun kerajaan bisnis mereka dengan merintis usaha bermodal kecil. Jadi, bagi kamu yang memiliki cita-cita besar menjadi pengusaha namun kemampuan modal terbatas, kamu tidak perlu berkecil hati. Bisnis yang dibangun dengan modal terbatas tetap berpeluang untuk besar dan sukses meraup untung.

Pilih bisnis yang kamu suka

Ketika akan memilih ide bisnis modal kecil untung besar, pilihlah yang kamu suka dan kamu kuasai. Jangan ikut-ikutan tren bisnis terkini atau meniru bisnis orang lain karena belum tentu cocok untukmu. Jika memilih bisnis yang kamu suka dan kuasai, otomatis kamu tak perlu repot-repot lagi melakukan riset dan pelatihan dari awal karena kamu sudah bisa memahami bidang yang kamu pilih tersebut. Ditambah lagi selama menjalani bisnis modal kecil untung besar nanti kamu tidak akan merasa terbebani karena kamu menjalaninya dengan senang hati.

Ubah pola pikir

Berhubung kamu akan menjadi pengusaha, maka kamu harus mengubah pola pikirmu dari pola pikir konsumen menjadi pola pikir pengusaha. Jika biasanya kamu berpikir untuk bagaimana caranya bisa membeli suatu barang, sekarang kamu harus berpikir bagaimana caranya menjual produkmu agar bisa laris manis dan mendapatkan banyak pelanggan. Ketika kamu menemukan sebuah barang yang unik, jangan berpikir untuk membelinya, tapi berpikir bagaimana cara membuat produk yang lebih unik lagi agar bisa bersaing di pasaran.

Awali sebagai bisnis sampingan

Ingin berbisnis modal kecil untung besar tapi masih menjadi karyawan kantor? Tidak masalah kok Moneysavers karena kamu bisa menjalaninya dengan menjadikan bisnis rumahan modal kecil untung besarmu ini sebagai bisnis sampingan terlebih dahulu. Dengan begitu, kamu bisa mulai secara perlahan-lahan dan memperhitungkannya dengan matang.

Cara Agar Bisnis Modal Kecil Bisa Meraih Untung Besar
Cara Agar Bisnis Modal Kecil Bisa Meraih Untung Besar

Selain itu, ada keuntungan lain jika kamu memulai bisnis modal kecil untung besar dari bisnis sampingan ketika kamu masih bekerja. Keuntungannya adalah kamu bisa memberitahu bisnis modal kecil untung besar milikmu terlebih dahulu kepada teman serta rekan kerja sehingga bisa memperluas jaringan yang kamu miliki.

Bangun jaringan yang luas

Membangun jaringan yang luas ketika berbisnis modal kecil untung besar sangatlah diperlukan agar marketing atau pemasaran produkmu bisa semakin mudah. Selain itu, dengan banyaknya jaringan, kamu juga bisa mengetahui supplier termurah dan mendapatkan bahan baku dengan harga bersahabat untuk bisnismu. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan seperti dengan cara bergabung menjadi anggota UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) hingga bergabung dalam forum atau group jual-beli.

Buat perencanaan bisnis dan target penjualan

Jangan sekali-kali menyepelekan bisnis modal kecil untung besar dengan tidak membuat perencanaan bisnis yang matang. Perencanaan bisnis sangat diperlukan, baik itu untuk skala usaha kecil atau besar. Untuk pemula, buatlah perencanaan bisnis yang sederhana terlebih dahulu dengan cara melakukan strategi pemasaran, membuat analisa pesaing bisnis, menghitung pembiayaan, dan pastinya menargetkan penjualan per hari, per minggu dan per bulan.

Buat prioritas dalam bisnis modal kecil untung besar

Hal selanjutnya yang harus kamu lakukan saat akan menjalankan bisnis modal kecil untung besar adalah membuat prioritas dari segi keuangan. Kenapa hal ini harus dilakukan? Ternyata ada alasannya nih Moneysavers, dengan membuat prioritas keuangan, kamu bisa mengatur arus kas dengan lebih baik. Ada banyak khasus bisnis modal kecil untung besar yang mengalami defisit terlalu banyak di awal karena kondisi keuangan berantakan.

Misalkan saja kamu membuat iklan di media sosial atau ikut bazar dan pameran di mana-mana tanpa pernah memberikan batasan anggaran promosi sehingga anggaran keuangan jadi jebol tanpa bisa terbendung. Niatnya memang untuk membuat produkmu terkenal, tapi efek yang ditimbulkan harus kamu pertimbangkan lagi.

Rutin melakukan promosi

Sebagai calon pengusaha kekinian, pastinya kamu punya sosial media khan? Manfaatkan sosial media milikmu untuk keperluan promosi karena promosi melalui sosial media sangat kuat impactnya, apalagi jika kamu memiliki pertemanan atau followers yang sangat banyak. Meski sangat praktis untuk kegiatan promosi, tapi bukan berarti kamu bisa main asal sembarang posting bisnismu di sosial media karena semua ada tata caranya.

Cara Bisnis Modal Kecil Bisa Meraih Untung Besar
Cara Bisnis Modal Kecil Bisa Meraih Untung Besar

Jangan sampai postinganmu dianggap spam sehingga berakibat akunmu diblokir. Pergunakanlah metode soft selling dengan memperhatikan bahasa marketing, konten promo yang diberikan, serta tag yang cocok dan sesuai dengan bisnismu.

Hindari melakukan endorse

Melakukan promosi memang perlu dilakukan, tapi berhubung modal yang kamu miliki sangat terbatas, maka harus digunakan dengan sebaik dan secerdas mungkin. Sebagai tahapan awal, tak perlu mengeluarkan dana untuk memasang iklan di media sosial hingga menyewa agency atau artis untuk mempromosikan produkmu. Sebisa mungkin hindari untuk melakukan endorse dari pihak ketiga hanya untuk melancarkan strategi promosi karena mau bagaimanapun, kamu pasti keluar dana dalam jumlah yang tidak sedikit. Lebih baik kamu memperdalam ilmu komunikasi marketingmu lagi agar bisa melancarkan promosi.

Manfaatkan teknologi dan jaringan internet secara maksimal

Berhubung dana yang kamu miliki terbatas, kamu harus memaksimalkan teknologi yang ada untuk membuat bisnis modal kecil untung besar milikmu bisa berkembang dengan pesat. Jika kamu berpikir kalau sudah memanfaatkan teknologi dengan cara promosi melalui sosial media saja itu salah. Masih ada banyak cara lain memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengembangkan bisnismu.

Beberapa di antaranya adalah membuat blog, membuka channel di Youtube, hingga mendaftar di Google Bisnisku. Semuanya itu dapat kamu lakukan secara gratis untuk mempromosikan bisnis modal kecil untung besar yang kamu punya. Tapi ingat ya! Kalau ingin promosi jangan langsung hard selling. Kamu bisa mengunggah postingan berupa tutorial yang masih berhubungan dengan produkmu.

Misalkan saja kamu punya produk tanaman hias, postinganmu nanti bisa berupa cara merawat tanaman hias. Tapi nanti di akhir postingan, kamu berikan sedikit informasi mengenai produkmu. Selain tutorial, kamu juga bisa membuat review produkmu.

Perhitungkan dengan matang sebelum mengajukan pinjaman

Jika kamu merasa modal yang kamu miliki masih kurang atau ingin mengembangkan bisnis tapi butuh tambahan modal, jangan langsung mengajukan pinjaman tanpa perhitungan yang matang. Melakukan perhitungan ini sangat penting agar nantinya kamu tidak terlilit hutang yang bisa berakibat tutupnya bisnismu.

Sebelum mengajukan pinjaman, coba tanyakan terlebih dahulu kepada teman dan keluarga, apakah mereka mau berinvestasi pada bisnismu? Tak ada salahnya menjadikan orang-orang terdekatmu sebagai pemegang saham dengan cara melakukan investasi dana. Tapi jika mereka tidak ingin melakukan investasi, barulah kamu mengajukan pinjaman. Pinjaman bisa dilakukan melalui koperasi atau bank.

Meskipun modal yang dimiliki pas-pasan, tapi asalkan kamu pantang menyerah dan terus berusaha, maka hasil yang akan kamu dapat nanti pasti akan memuaskan. Tak ada cara lain untuk dapat mendulang kesuksesan tanpa kerja keras dari dirimu sendiri. Semoga hal-hal di atas bisa membuat kamu semakin semangat untuk membangun bisnis modal kecil untung besar nanti. Selamat berbisnis Moneysavers!

ISI FORM PENDAFTARAN DISINI

COMMENTS